Home » » Yuk! Belajar Pemrograman Visual Basic dot Net Di Mesran.Net

Yuk! Belajar Pemrograman Visual Basic dot Net Di Mesran.Net

Written By Khoir Black on Selasa, 04 Juni 2013 | 00.10.00



Listing Programnya Sebagai berikut : ____________

Public Class Form1

    Private Sub btnKode_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnKode.SelectedIndexChanged
        Dim x As String
        x = Microsoft.VisualBasic.Left(btnKode.Text, 2)
        If x = "TS" Then
            btnMerk.Text = "TOSHIBA"
        ElseIf x = "VG" Then
            btnMerk.Text = "V-GEN"

        End If

        Dim y As String
        y = Microsoft.VisualBasic.Mid(btnKode.Text, 3)
        If y = "001" Then
            btnNama.Text = "FLASHDISK 4GB"
        ElseIf y = "002" Then
            btnNama.Text = "FLASHDISK 2GB"

        End If
        Dim z As String
        z = Microsoft.VisualBasic.Left(btnKode.Text, 5)
        If z = "TS001" Then
            btnHarga.Text = "105000"
        ElseIf z = "TS002" Then
            btnHarga.Text = "75000"
        ElseIf z = "VG001" Then
            btnHarga.Text = "90000"
        ElseIf z = "VG002" Then
            btnHarga.Text = "60000"
        End If


    End Sub

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Me.Load
        buattabel()

        btnKode.Items.Add("TS001")
        btnKode.Items.Add("TS002")
        btnKode.Items.Add("VG001")
        btnKode.Items.Add("VG002")

    End Sub

    Sub buattabel()
        btnLV.Columns.Add("NO.PEMBELIAN", 100, HorizontalAlignment.Center)
        btnLV.Columns.Add("KODE BARANG", 100, HorizontalAlignment.Center)
        btnLV.Columns.Add("NAMA BARANG", 100, HorizontalAlignment.Center)
        btnLV.Columns.Add("MERK", 100, HorizontalAlignment.Center)
        btnLV.Columns.Add("HARGA", 100, HorizontalAlignment.Center)
        btnLV.Columns.Add("JUMLAH BELI", 100, HorizontalAlignment.Center)
        btnLV.Columns.Add("TOTAL HARGA", 100, HorizontalAlignment.Center)
        btnLV.View = View.Details
        btnLV.GridLines = True
        btnLV.FullRowSelect = True

    End Sub
    Sub IsiTabel()
        Dim Lst As New ListViewItem
        Lst.Text = btnNo.Text
        Lst.SubItems.Add(btnKode.Text)
        Lst.SubItems.Add(btnNama.Text)
        Lst.SubItems.Add(btnMerk.Text)
        Lst.SubItems.Add(btnHarga.Text)
        Lst.SubItems.Add(btnJumlah.Text)
        Lst.SubItems.Add(btnTotal.Text)
        btnLV.Items.Add(Lst)
    End Sub

    Private Sub btnJumlah_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles btnJumlah.KeyPress
        Dim TOMBOL As Integer = Asc(e.KeyChar)
        If TOMBOL = 13 Then
            btnsimpankeLV_Click(sender, e)
        End If
    End Sub

    Private Sub btnJumlah_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnJumlah.TextChanged
        btnTotal.Text = Val(btnHarga.Text) * Val(btnJumlah.Text)
    End Sub

    Private Sub btnSimpankeLV_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnSimpankeLV.Click
        IsiTabel()
        btnNo.Text = " "
        btnKode.Text = " "
        btnNama.Text = " "
        btnMerk.Text = " "
        btnHarga.Text = " "
        btnJumlah.Text = " "
        btnTotal.Text = " "
    End Sub

    Private Sub btnHapusSemuaData_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnHapusSemuaData.Click
        btnLV.Items.Clear()
    End Sub

    Private Sub btnHapusDatayangdipilih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnHapusDatayangdipilih.Click
        btnLV.Items.Remove(btnLV.SelectedItems(0))
    End Sub

    Private Sub btnBersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnBersih.Click
        btnNo.Text = " "
        btnKode.Text = " "
        btnNama.Text = " "
        btnMerk.Text = " "
        btnHarga.Text = " "
        btnJumlah.Text = " "
        btnTotal.Text = " "
    End Sub

    Private Sub btnKeluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnKeluar.Click
        End
    End Sub
End Class

Demikianlah Postingan Saya,,
Nama : ABDUL KHAIR TARIGAN
NPM : 11111005

Silahkan Kunjungi : http://www.mesran.blogspot.com/2013/06/yuk-belajar-pemrograman-visual-basic_3.html
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar